Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Tais Bentuk Organisasi Pendukung

fullsizeoutput 1d23

Kamis, 10 Januari 2019, Ketua Pengadilan Agama Tais menggelar rapat bersama seluruh jajarannya, sebagai tindak lanjut dari hasil rapat kordinasi di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu. Salah satu rekomendasi rapat kordinasi tersebut mengamanatkan pengadilan-pengadilan agama baru di wilayah Bengkulu segera membentuk organ-organ pendukung guna menunjang kebijakan pimpinan Mahkamah Agung. Organ-organ yang harus segera terbentuk meliputi Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP), Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), dan Ikatan Panitera Sekretaris Pengadilan Indonesia (IPASPI);

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Tais, Hambali, SH., MH., seluruh peserta rapat menyepakati dibentuknya organ-organ pendukung sekaligus memilih siapa-siapa yang dipercaya untuk memikul tanggung jawab. Untuk PTWP, para peserta rapat menjatuhkan pilihan pada H. Shofa’u Qolbi, Lc., MA., sebagai nahkoda hingga satu tahun ke depan, dibantu oleh Kurniadi Agusta, SH., MH., dan Yuvita, SHI., MH., yang masing-masing bertindak sebagai sekretaris dan bendahara PTWP Pengadilan Agama Tais.

Sementara hakim senior di Pengadilan Agama Tais, Ramadaniar, SHI., MH. mendapat kepercayaan memimpin IKAHI. Diharapkan dengan bekal pengalaman dan kemampuan komunikasi yang matang, IKAHI Pengadilan Agama Tais dapat memainkan peran strategis serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan hukum dan peningkatan capacity building para hakim. Dalam menjalankan tugasnya, Ramadaniar akan dibantu oleh kolega sesama hakim Pengadilan Agama Tais. 

Untuk IPASPI, seperti yang sudah diduga, pilihan jatuh pada Penitera Pengadilan Agama Tais, Nil Khairi, S.Ag., MH. sebagai Ketua, Deni Ramon, SH., MH. sebagai Sekretaris dan Ariana Satri Andina, SE., M.Ak., sebagai Bendahara. IPASPI Pengadilan Agama Tais nantinya akan mengikuti garis kebijakan IPASPI pusat sebagai induk organisasi yang menaungi kegiatan panitera dan sekretaris pengadilan di tanah air.

Selain menyepakati tiga hal di atas, rapat kali ini juga berhasil memilih kordinator untuk Pusat Penelitian Hukum Islam dan Masyarakat (PPHIM) yang dipercayakan kepada Umi Fatonah, SHI. Adapun Ketua Pengadilan Agama Tais, secara ex officio bertindak sebagai Pembina dari tiap-tiap organ pendukung yang ada. Di samping itu, sebagai bentuk kepedulian warga peradilan, khususnya Pengadilan Agama Tais, para peserta rapat menyetujui pengumpulan dana sosial yang besaran dan peruntukannya akan dibicarakan lebih lanjut. [SQ]