Seputar Peradilan

NGAJI DARING PA TAIS BERSAMA PA KEPAHIANG DAN PA KOTA TASIKMALAYA UNTUK MENINGKATKAN PENYELESAIAN PERKARA

Kamis, 10 September 2020 Pengadilan Agama Tais (PA Tais) Bersama Pengadilan Agama Kepahiang (PA Kepahiang) dan Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya menyelenggarakan Ngaji Daring atau belajar bersama secara daring membahas tentang “Strategi Penyelesaian Perkara Secara Cepat, Efektif dan Efesien”. Dalam kegiatan ini PA Kota Tasikmalaya berpartisipasi sebagai Pemateri dikarenakan PA Kota Tasikmalaya sebagai PA dengan prosentase penyelesaian perkara terbanyak atau sisa terkecil di PTA Jawa Barat pada tahun 2019.

Dalam diskusi kali ini PA Tais bertindak sebagai Pembawa Acara yakni Ibu Panitera Nil Khairi, S.Ag., M.H. Kemudian Pejabat Fungsional lainnya mengikuti secara Bersama-sama mendengarkan dengan baik diskusi ini. PA Kepahiang bertindak sebagai moderator diwakili oleh Rusdi Rizki Lubis, S.Sy. Selanjutnya materi disampaikan oleh Ketua PA Kota Tasikmalaya Jamadi, Lc., M.E.I.

buk nil 1.jpeg

Ngaji Daring yang dimulai pukul 14.00 ini dimulai oleh Pembawa Acara dan penyampaian kata sambutan oleh Ketua PA Kepahiang Muhammad Yuzar, S.Ag., M.H. Dan dilanjutkan oleh moderator yang mengarahkan acara. Materi yang disampaikan oleh Ketua PA Kota Tasikmalaya Jamadi, Lc., M.E.I. secara umum membahas Strategi Penanganan Perkara dan  Penyelesaian Berkas Perkara Secara Cepat, Efektif, dan Efisien.

Pak ketua 1.jpeg Screenshot_2020-09-11-10-49-00-69.png

Kesimpulan yang dapat dikutip adalah semua strategi, mekanisme, cara kerja, langkah dan sistem di atas akan sulit terwujud bila tidak ada goodwill yang kuat dari pimpinan dan dukungan serta komitmen yang kuat dari seluruh aparatur Pengadilan yang terkait. Untuk itu berhasil dan tidaknya system penyelesaian perkara secara cepat, efektif dan efesien tergantung sejauh mana tekad, komitmen dan konsistensi kita dalam menerapkan system di atas. Selain itu tidak klah pentingnya selalu dilakukan monitoring dan evaluasi bersama agar kekurangan-kekurangan dalam system dapat segera teridentifikasi dan segera disempurnakan sehingga dengan berjalan waktu system tersebut akan semakin cepat, efektif dan efesien.

Hingga Pukul 16.30 acara Ngaji Daring berlangsung dengan lancar dan ditutup oleh pembawa acara.

Add comment