Seputar Peradilan

Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT PA Tais ke-2

Tais, 22 Oktober 2020 – Bertepatan pada bulan Oktober 2 tahun yang lalu PA Tais didirikan. Ketua Mahkamah Agung melalui Surat Keputusan Nomor 207/KMA/SK/X/2018 menetapkan beroperasinya Pengadilan Agama Tais yang mewilayahi daerah Kabupaten Seluma. Guna memenuhi amanat Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 207/KMA/SK/X/2018, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, Drs. H. Pelmizar, M.H.I., bergerak cepat dengan segera melantik nama-nama calon pimpinan Pengadilan Agama baru di wilayah jurisdiksi Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu pada hari Selasa, 30 Oktober 2018.

Dengan adanya para “pejuang” Pengadilan Agama Tais di masa-masa awal, dalam masa peletakan arah dan tujuan, masa penguatan karakter, masa menorehkan tinta sejarah yang tidak akan terganti. Selama 2 Tahun ini PA Tais terus bersolek dan berhias diri, tak terhitung suka duka merintis kantor pengadilan dari nol hingga saat ini.

Prestasi demi prestasi terus ditorehkan untuk mewujudkan Pengadilan Agama Tais yang Agung. Diantaranya pada Januari 2020 Pengadilan Agama Tais memperoleh Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu, peringkat 10 besar penanganan perkara PA se-Indonesia di Kategori IV Tahun 2020 serta Peringkat III dalam Penilaian Laporan Keuangan Tingkat UAKPA Terbaik Tahun 2019 Lingkup KPPN Manna pada bulan Agustus 2020

               MC1.jpeg     Dekorum RS.jpeg

Peringatan HUT PA Tais yang ke-2 ini diadakan dengan acara tasyakuran 2 tahun sekaligus launching dekorum ruang sidang dan media center Pengadian Agama Tais.

Adanya dekorum ruang sidang terbaru ini merupakan upaya Pengadilan Agama Tais melakukan standarisasi ruang sidang guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Dalam rangka mendukung modernisasi peradilan berbasis teknologi informasi di lingkungan Mahkamah Agung RI khususnya Peradilan Agama, Pengadilan Agama Tais melaunching mini media center PA Tais diharapkan dapat mengkomunikasikan kebijakan publik secara cepat, tepat, akurat dan relevan baik dari Internal Mahkamah Agung, Badilag maupun dari pihak eksternal agar mudah dipahami serta meningkatkan partisipasi publik dalam pertukaran informasi. 

Disela kebahagiaan yang dirasakan Pengadilan Agama Tais, kesedihan juga dirasakan warga PA Tais dengan dimutasinya salah seorang pegawai (Jurusita) PA Tais Fitrawati, A.Md. ke Pengadilan Agama Cikarang Kelas IB. Hal ini membuat peringatan HUT PA Tais bercampur dengan kesedihan melepas salah seorang “pejuang” pada masa-masa awal PA Tais didirikan.

Launching2.jpeg

Ketua PA Tais dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perjuangan teman-teman yang selama 2 tahun ini bekerja dengan sepenuh hati membangun PA Tais dan mengajak kepada seluruh warga PA Tais untuk terus meningkatkan performa bekerja untuk tahun-tahun kedepannya.

Perpisahan1.jpeg

Dalam acara pelepasan pegawai yang mutasi dari PA Tais, Ketua PA Tais mengucapkan terima kasih banyak karena telah bekerja dengan baik dan memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pergaulan sehari-hari terdapat kesalahan. Beliau juga menegaskan, bahwa setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Mari kita berdoa semoga seluruh warga PA Tais dimanapun berada hendaknya selalu dalam berkah dan lindungan Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin.

Add comment