Seputar Peradilan

PA Tais Ikuti Rangkaian Peringatan HUT PTA Bengkulu Ke 25

 

HUT PTA 25

Senin, 14 Desember 2020 Ketua Pengadilan Agama Tais H. Hambali, S.H., M.H. hadiri peringatan Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang ke 25 sekaligus peresmian New Command Center dan 5 Inovasi PTA Bengkulu bertempat di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Acara ini diikuti oleh Ketua Mahkamah Agung Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung dan Plt. Sekretaris Mahkamah Agung secara virtual dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu serta Ketua Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Peringatan HUT ke 25  Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu ini mengambil tema “PTA Bengkulu Menuju Optimalisasi Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Publik yang Prima, Cerdas, Ikhlas dan Berintegritas”.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. menyampaikan bahwa peresmian New Command Center dan 5 Inovasi PTA Bengkulu yakni Interplay Online (Integrasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Online), Siranding (Aplikasi Pelayanan Perkara Banding), Sijurang (Sistem Informasi Pengajuan Realisasi Anggaran), Simonzi (Aplikasi Monitoring ZI), dan Sidoiku (Sistem Informsi Dokumentasi dan Informasi keuangan) merupakan buah karya aparatur PTA Bengkulu secara mandiri, sebagai implementasi dari motivasi Dirjen Badan Peradilan Agama yang senantiasa memberikan motivasi kepada seluruh jajaran peradilan agama di Indonesia agar memacu diri pada satuan kerja masing-masing menciptakan inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga terwujudnya efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas layanan prima serta mewujudkan azas penegakan hukum cepat, sederhana dan biaya ringan dalam kerangka terciptanya satuan kerja yang modern dan berbasis IT.

Berkaitan dengan HUT PTA Bengkulu ke 25, Ketua Mahkamah Agung Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. berpesan pertama, pemanfaatan teknologi informasi adalah keniscayaan yang tidak bisa dielakkan, karena itu patut kita syukuri bahwa Mahkamah Agung telah menggagas langkah-langkah transformasi digital melalui modernisasi pengadilan sampai dengan penerapan e-Court dan e-Litigation. Ketua Mahkamah Agung menyambut baik langkah-langkah satuan kerja dalam melakukan inovasi dalam mengubah wajah peradilan Indonesia semakin baik dari waktu ke waktu termasuk di Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu.

Kedua, agar rangkaian 5 apliaksi ini difungsikan sepenuhnya untuk menunjang kinerja pengadilan, sehingga PTA Bengkulu semakin efektif dan efisien serta dapat meningkatkan akses pelayanan publik yang akan berdampak langsung pada kepuasan publik atas layanan peradilan. Oleh karenanya aplikasi yang berkaitan dengan pelayanan perlu disosialisaikan kepada masyarakat pencari keadilan.

Ketiga, PTA Bengkulu perlu memperhatikan tugas dan fungsinya sebagai pengadilan tingkat banding dalam melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para hakim dan aparatur peradilan di daerah masing-masing dengan pemanfaatan command center.

HUT PTA 25tais

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun PTA Bengkulu ke 25 ini, juga dilaksanakan berbagai lomba antar satuan kerja yang ada dalam wilayah hukum PTA Bengkulu antara lain, lomba Media Center, PTSP, Dekorum Ruang Sidang, K3, SIPP, Pemberkasan Perkara dan Website. Pengadilan Agama Tais berhasil meraih Juara II dalam Lomba SIPP dan Juara II Website.

Add comment