Seputar Peradilan

Menyambut Tahun Baru 2021M

Dan Selamat Tinggal Tahun 2020M

(Analisis Singkat Laporan Tahunan 2020)

 

 Gedung Kantor

Waktu cepat berlalu, sebentar lagi tahun 2020 akan berakhir, selamat datang tahun 2021 yang sudah didepan mata. Perjalanan Pengadilan Agama Tais pada tahun 2020 merupakan suatu bentuk realisasi kerja sekaligus sebuah bentuk tanggung jawab terhadap capaian yang diperoleh selama ini sehingga pelayanan utama kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan dan terus berjalan dengan baik demi terwujudnya visi dan misi Pengadilan Agama Tais yang mengacu pada visi Mahkamah Agung RI berbunyi “Terwujudnya Pengadilan Agama Tais yang Agung”.  

Sejak awal berdirinya sampai sekarang, Pengadilan Agama Tais dipimpin oleh seorang yang professional dan berpengalaman dalam bidangnya, beliau mantan Ketua Pengadilan Agama Lewoleba, Kabupaten Lembata, Propinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Bapak H. Hambali, S.H.,M.H. Perjuangan beliau untuk membesarkan nama Pengadilan Agama Tais, tidak lepas dari bantuan seorang wakil ketua Ramadaniar, S.H.I., M.H, dan seluruh hakim yang ada, serta tak kalah pentingnya peran dari seorang panitera dan sekretaris berserta seluruh jajarannya. Di pundak generasi inilah, masa depan Pengadilan Agama Tais dirajut. Di tangan para pejuang ini, corak Pengadilan Agama Tais dibentuk.

Sebagai kilas balik Pengadilan Agama Tais pada tahun 2020 telah menerima perkara sebanyak 519 perkara, sedangkan sisa perkara tahun 2019 sebanyak 3 perkara, sehingga beban perkara tahun 2020 sebanyak 522 perkara. Adapun perkara yang diterima pada tahun 2020 sebanyak 519 perkara, yang terdiri dari perkara gugatan sebanyak 281 perkara dan perkara permohonan sebanyak 238 perkara. Dari beban perkara sebanyak 522 tersebut yang belum putus sebanyak 3 perkara, dikarenakan 3 perkara tersebut membutuhkan pemeriksaan perkara yang ekstra karena berkenaan dengan harta bersama. Dari seluruh perkara yang sudah diputus hanya 1 perkara yang mengajukan banding, yaitu gugatan hak asuh anak (hadhanah).

Disamping itu pada tahun 2020 juga Pengadilan Agama Tais telah mendapatkan reward dari Kanwil DJPb Bengkulu tentang penilaian LK tingkat UAKPA lingkup KPPN Manna dan reward dari Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu dalam rangkaian acara ulang Tahun PTA Bengkulu yang ke 25 juara II lomba SIPP dan juara II website, dan yang tidak kalah menarik perhatian publik bahwa Pengadilan Agama Tais pernah menduduki peringkat 1 Nasional SIPP pada katagori IV periode 17-01-2020, kemudian pada periode 17-04-2020 peringkat 10 nasional katagori IV, dan pada bulan-bulan berikutnya masih menduduki peringkat 20 besar nasional masih pada katagori IV. Pencapaian-pencapaian yang didapati oleh Pengadilan Agama Tais tidak luput dari kinerja seluruh pegawai dan hakim yang telah mencurahkan segenap kinerja dan kerjasama yang baik dari segenap unsur yang ada.

Saat ini seluruh aparatur Pengadilan Agama Tais berkomitmen untuk menjadikan Pengadilan Agama Tais yang unggul dengan dicanangkannya Zona Integritas dan telah berupaya mempertahan APM yang selama ini sudah 2 tahun berturut-turut mempertahankan A Excellent dari Mahkamah Agung RI.

Disadari bahwa, dalam pelaksanaan tugas-tugas selama ini pada tahun 2020 masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan. Untuk itu, Pengadilan Agama Tais menerima kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang sangat diharapkan demi peningkatan kualitas, kinerja serta demi terciptanya pelayanan publik yang prima di Pengadilan Agama Tais, ditahun yang akan datang Pengadilan Agama Tais berkomitmen untuk dapat mewujudkan manajemen pengadilan yang efektif, transparan, akuntabel dan berorientasi kepada keberhasilan penegakan hukum dan keadilan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Seluma.

Pada tahun 2021 yang beberapa hari lagi akan tiba, Pengadilan Agama Tais telah mempersiapkan diri berusaha mewujudkan cita-cita untuk memperoleh predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani), oleh karena itu Pengadilan Agama Tais mohon bimbingan dan do’a dari seluruh warga peradilan terutama pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu, seluruh hakim tinggi dan pejabat fungsional dan struktural lainnya. Semoga apa yang dicita-citakan oleh Pengadilan Agama Tais dapat terwujud.

Dengan demikian, do’a dan harapan semoga pada tahun 2021 yang akan datang Pengadilan Agama Tais dapat mewujudkan cita-citanya dan dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik demi menjaga kehormatan dan martabat serta wibawa peradilan yang didedikasikan dalam bentuk memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan, menjaga kemandirian Pengadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan Pengadilan Agama Tais dan meningkatkan kredibilitas dan transparansi Pengadilan Agama Tais.

Add comment